Mengapa urine saya berwarna merah?

Mengapa urine saya berwarna merah?
Saya melihat warna urine saya seperti jus cranberry dalam tiga hari. Haruskah saya khawatir? Saya tidak minum obat apapun.
Jawaban:
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Ada banyak hal yang dapat merubah urin seseorang menjadi merah, merah muda atau warna yang berbeda lainnya.

Memiliki urine berwarna merah dapat berarti ada darah yang terkandung didalamnya, seperti dari siklus menstruasi wanita. Olahraga berat juga dapat menyebabkan sel-sel darah merah muncul dalam urin.

Selain itu, urine merah mungkin merupakan tanda dari batu ginjal, infeksi saluran kemih, cedera, penyakit hati, gangguan pembekuan darah atau beberapa kondisi medis lainnya.

Buah Beets, berry dan rhubarb dapat membuat urine seseorang berubah menjadi merah. Pewarna merah seperti yang ditemukan dalam permen atau gula sereal dapat melakukan hal yang sama.

Jika ini adalah penyebab kemerahan, makanan ini harus dihindari.

Antibiotik tertentu, pengencer darah dan obat pencahar bisa merubah urine menjadi merah atau pink juga. Perlu diingat bahwa bahkan jika Anda tidak mengambil obat, suplemen atau pengobatan rumah mungkin bisa menjadi penyebabnya.

Urine merah yang jarang terjadi atau terjadi sementara pada orang yang sehat biasanya tidak perlu dihiraukan. Jika warna merah berlanjut, atau jika ada gejala lain, segera untuk anda periksa ke dokter, yang mungkin akan menguji urin untuk tanda-tanda darah, infeksi atau masalah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *